Sabtu, 24 November 2012

Awas Narkoba !



Narkoba

    Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain narkoba istilah lain juga sering digunakan yaitu Napza,ekstasi,psikotropika,dan zat adiktif. Narkoba merupakan senyawa-senyawa psikotropika yang biasa digunakan untuk membius pasien saat hendak dioperasi dalam dunia kesehatan. Narkoba juga dapat membuat penikmatnya merasa kecanduan.
Narkoba sendiri memiliki banyak bentuk atau rupa diantaranya dapat berbentuk butiran pil padat dan ada juga yang berbentuk serbuk kristal berwarna putih tidak berbau, dan biasanya dibungkus dengan kertas polos, tapi ada juga yang berbentuk cairan bening seperti air.
Secara umum narkoba dikelompokan menjadi tiga golongan yaitu Narkotika,Psikotropika,dan Bahan berbahaya. Narkotika umumnya berasal dari berbagai jenis tumbuhan seperti Opiod yang banyak mengandung alkaloid opium termasuk morfin. Contoh Narkotika yang banyak beredar di pasaran adalah candu,morfin,heroin atau putauw,codein,dan Demerol.selain Opiod terdapat juga Ganja atau Canabis dan Kokain yang berasal dari tumbuhan liar Erythroxylon coca.Psikotropika obat yang alamiah maupun sintetis yang bersifat psikoatif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktifis mental dan perilaku.Bahan berbahaya merupakan zat atau bahan yang berasal dari bahan kimia atau biologi. Yang termasuk dalam golongan bahan berbahaya adalah Miras atau minuman keras dan Nikotin,Inhalensia,dan Zat desainer.
Karena merupakan bahan berbahaya maka narkoba dapat menimbulkan banyak sekali akibat diantaranya adalah rasa kecanduan,berhalusinasi,menekan sistem syaraf pusat,memacu kerja jantung,tidak sadar diri,kehilangan nafsu makan karna hanya ingin narkoba dan narkoba,kebiasaan hidup dalam kebohongan,pelupa,menyendiri dan tindakan kriminal. Sebagian besar kasus pada remaja di Indonesia tidak lepas dari narkoba. Dalam kurun waktu satu tahun terakhir banyak pelajar Indonesia yang tidak dapat mengikuti ujian nasional karena terjerat masalah narkoba. Kasus yang di timbulkan diantaranya mencuri uang ditempat perbelanjaan seperti swalayan dan mini market agar dapat membeli narkoba lagi.
Katakan tidak pada narkoba.”Say no to narkoba” sering kita dengar atau kita baca di lingkungan sekitar kita. Karna narkoba merupakan zat yang dapat membahayakan tubuh kita dan bahkan masa depan kita. Oleh karena itu “Katakan tidak pada narkoba” hindari pergaulan bebas yang dapat mendatangkan kerugian bagi diri kita, dekatkan diri kepada sang pencipta, sehingga kita terhindar dari lubang sengsara karna narkoba.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar